Monday, January 18, 2010

Luar Biasa..... (dalam melayani pelanggan)

dari milist kagama malaysia 18 jan 2010

Luar Biasa ...

Cape perjalanan panjang. Duduk di bangku pesawat senyaman apapun kalau lama pegel juga. Tapi ada cerita menarik yang aku dapat dipesawat SQ yang baru saja aku naiki.

Karena mendapat fasilitas dari klien maka tiket business class SQ aku pakai. Perjalanan beijing singapore menjadi sangat nyaman. Ruang lapang di business class boing terbaru, makanan yang tak pernah berhenti belum lagi pelayanan lainnya. Namun karena deadline pekerjaan harus selesai. Laptop di tangan tak pernah berhenti dipergunakan. Tanpa terasa mataku perih dan mengantuk. Aku lelah sekali. Aku pun terlelap.

"aduh!",Tiba- tiba aku terbangun karena ada siraman air kebajuku. Aku mengenakan kemeja overcoat karena dingin. "Please forgive me mam..i m so sorry..",seorang pramugari SQ tertunduk-tunduk sambil sibuk menyeka pakaianku yang tersiram air. Teh hangat. Tepat di dekat pundak kiri.

Karena kaget, aku tak banyak bicara. Tanganku pun sibuk menyeka tumpahan tersebut. terlihat pramugari tersebut sangat panik.. "I'm sorry mam..my mistake..please apologize.." , katanya berulang ulang dan bolak balik dari pantry ke tempatku duduk.

Aku merasa tidak masalah setelah aku perhatikan tak ada bercak pada coat ku. Aku pun memilih tidak mempermasalahkan. Lelah tubuhku masih mendominasi jadi aku memilih melanjutkan tidurku. Tak lama pramugari itu muncul lagi. Membawa teh hangat. Sambil berkata," do you want something to drink? Or is there anything you need mam? "..aku yang lelah memilih sesuatu yang cepat , "tea should be find..."kataku separoh tidur. Ku letakkan teh panas tersebut di meja depan, lalu bersiap tidur. Wajah pramugari tersebut masih gusar, aku menyadarinya. Dia merasa bersalah. Dan menurutku aku sudah tidak mempermasalahkan jadi aku mau istirahat sekarang.

Tak lama...seorang pramugari menghampiri tempat dudukku. Ah..dia pramugari senior. Terlihat ada pin dibawah namanya. Chatrine Tan. "Mam..",katanya sopan.."we made terible mistake..our staff spilll over tea to your lovely coat. Please accept our apology".

Aku tersenyum. "No problem..it' s nothing.."kataku. ."it didn't make any stain at all on it though".

"Well mam..this is a voucher for loundry. You could do anywhere in the world on SQ expenses. Please accept it..",dia melanjutkan lagi.

"Waduh baik amat", kataku dalam hati. Selembar voucher dalam amplop dia serahkan dengan santun dan senyum. Badannya membungkuk dan memberi salam khas SQ, tangan dikatupkan didepan muka sambil setengah mengangguk dan bergerak melangkah mundur."Well thank you..",aku menjawab
"Enjoy your rest mam"..katanya lagi

Tak lama pengumuman di load speaker yang menyatakan pesawat akan mendarat. Aku pun segera bersiap-siap. . 10 menit kemudian, kapal mendarat, taxing beberapa saat kemudian pintu terbuka.

Akupun berkemas. Kemudian pramugari senior tadi..mrs Tan...menghampiri aku dan berkata.."mam. .could you please walk this way". Dia menunjuk jarinya dengan santun. Aku mengikuti. Aku merasa heran mengapa semua orang berhenti berjalan. Aku melawati semua orang . seluruh pramugari berbaris kiri kananku. Aku lihat tepat lurus dihadapaku seorang pria ganteng berusia 50 tahunan dengan pakaian seragam lengkap. Topi, jas, dengan 4 garis kuning dilengannya. Tangannyamenjulur ke arahku..

"mrs precious..i m henry Chow, i m captain pilot of this plane, on behalf of my crew, my plane and my organization Singapore Airline please accept our deepest apology on what just happen to you".. wah..saya merasa tersanjung. Gila...menurutku hal kecil yangterjadi sampai kaptennya turun tangan. Sebuah service kepada pelanggan yang luar biasa. Di hargai dan di hormati. Salut buat SQ.

"Here are two ticket SQ with your name on it from singapore to jakarta roung trip valid for 1 year. Just to show you how sorry we are , please accept it," katanya sambil membungkuk,

Wah..aku tergagap tidak bisa ngomong.

Aku menatap pramugari yang menjatuhkan air teh tadi. Terlihat pancaran tulus dimatanya. Dua telapak tangannya menutup didepan wajahnya memberi hormat. Kemudian dia mengedipkan mata kirinya. Aku mengangkap pesan itu. Kira-kira..ambillah ..dan maafkan aku ya..

Tak terasa aku menetes air mata..dalam hati, aku ikhlas kok, gak marah, dan gak masalah. Eh diperlakukan seperti ratu begini, jadi malu tapi tersanjung. Salut buat SQ, salut buat pramugari yang aku lupa namanya, chief pramugari mrs tan, dan kapten henry chow. All the best for SQ.

No comments:

Post a Comment